Siaran Pers

Penandatanganan Kontrak Antara PSN dan Boeing


JAKARTA – 20 Desember 2013 bertempat di Hotel Kempinski, Jakarta, Pasifik Satelit Nusantara secara resmi mengumumkan pembelian satelit baru dengan teknologi mutakhir. Pembelian satelit baru ini merupakan hasil kerja sama PSN dengan Boeing Satellite Systems International, perusahaan asal Amerika Serikat. Satelit terbaru milik PSN ini nantinya akan diberi nama ‘PSN VI’. Pembelian satelit ini ditandai dengan penandatanganan antara kedua belah pihak yaitu, Adi Rahman Adiwoso, Presiden Direktur Pasifik Satelit Nusantara dan Patrice Gray Mitchell, Senior Contract Manager Boeing Satellite Systems International.

Langkah baru PSN diakhir tahun 2013 ini mempertegas keseriusan perusahaan dalam mengembangkan teknologi satelit di Indonesia. Satelit PSN VI ini membantu memberikan jawaban terhadap kebutuhan negara Indonesia akan kapasitas satelit bagi jaringan komunikasi suara, data, internet broadband, dan distribusi video di seluruh wilayah kepulauan Indonesia yang masih sulit dijangkau oleh jaringan infrastruktur terestrial seperti menggunakan fiber optic dan microwave link. Rencananya satelit ini akan mengisi slot orbit 1460E yang dikelola oleh PSN. Satelit ini ditargetkan akan meluncur pada pertengahan tahun 2016 dan diharapkan mulai beroperasi pada awal tahun 2017.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Boeing selaku produsen satelit terkemuka yang sudah teruji kualitas teknologi dan produknya, dan kami yakin kolaborasi ini akan memperjelas komitmen kami untuk menjadi perusahaan penyedia jasa komunikasi berbasis satelit yang terdepan dalam inovasi teknologi dan produk-produknya,” kata Presiden Direktur Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso.

PSN VI memiliki kapasitas transponder C dan Ku Band yang dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Transponder C band akan digunakan untuk melayani kebutuhan distribusi video, cellular trunking, dan komunikasi data baik pada perusahaan kecil, menengah, maupun besar di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan transponder Ku Band diarahkan untuk melayani kebutuhan kapasitas satelit pada industri televisi berbayar atau pay TV yang diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam kurun waktu 4-5 tahun kedepan. Selain itu, PSN VI yang dilengkapi dengan teknologi terkini akan memiliki kemampuan sebagai High Throughput Satellite (HTS) yang dapat  memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan dengan satelit konvensional untuk alokasi spektrum yang sama.

PSN VI, yang merupakan satelit seri Boeing 702SP,  mempergunakan roket pengendali mutakhir yang dinamakan electric propulsion (plasma thruster), sehingga dapat menghemat berat satelit sekitar 2,5 sampai 3 ton dan dapat lebih memperpanjang umur satelit atau masa pemanfaatannya.

Penggunaan seluruh teknologi terdepan ini merupakan cara memperkuat kemampuan PSN untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya di seluruh propinsi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan motto, ‘Expanding the Limit’, yang menjadi panduan kerja perusahaan dalam mengembangkan produknya. PSN selalu mencoba berinovasi dan melewati segala batasan untuk memberikan hasil terbaik bagi pelanggannya.

Sekilas Tentang PSN

Pasifik Satelit Nusantara adalah perusahaan terkemuka dibidang satelit berbasis informasi dan telekomunikasi. Strategi bisnis PSN adalah fokus pada penyediaan berbagai solusi telekomunikasi dan multimedia yang inovatif dan efisien, serta selalu berupaya untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan para pemangku kepentingan PSN.

Selama 22 tahun berkarya, PSN selalu mengembangkan teknologi hasil karya anak bangsa yang inovatif. Bermula dari perusahaan penyedia transponder satelit untuk kepentingan penyiaran, PSN kini tumbuh menjadi perusahaan berbasis satelit komunikasi terbaik.

PSN memberikan pelayanan komunikasi yang luas melalui BYRU dan PASTI, suatu sistem telekomunikasi bergerak berbasis satelit. PSN juga memberikan layanan komunikasi data melalui satelit kepada industri perbankan, perkebunan, dan industri lainnya, baik dengan sistem VSAT maupun SCPC. PSN juga merupakan pelopor inovasi Mobile VSAT (MVSAT) yang merupakan sistem antena VSAT bergerak dengan teknologi Auto Pointing pertama buatan bangsa Indonesia.

PSN tercatat sebagai perusahaan satelit swasta pertama dan salah satu dari empat operator satelit di Indonesia. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi perusahaan dan karyawan karena berhasil konsisten menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi.

Contact:

PT. Pasifik Satelit Nusantara

Gedung Kantor Taman A9 Unit C3-C4

Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung

Lot 8/9 N0. 9 Jakarta 12950, Indonesia

Telp: 021 576 2292

Fax: 021 576 2290

Email: marcomm@psn.co.id