News Release: PSN Hadirkan Auto Pointing VSAT Antenna Pertama di Indonesia

20 Juni 2012

Dewasa ini dunia perbankan di Indonesia memasuki masa persaingan yang sangat kompetitif. Sektor perbankan memiliki peran yang strategis dalam memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Saat ini, perusahaan perbankan berlomba-lomba untuk memberikan layanan yang terbaik kepada nasabahnya dan untuk dapat mengungguli persaingan tersebut maka perusahaan perbankan harus mampu menciptakan suatu inovasi baru yang berperan secara proaktif untuk “menjemput bola”. Dukungan teknologi komunikasi menjadi pilihan yang tak terelakkan dan sebagai faktor penentu keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis yang semakin tajam.

Sebagai suatu wujud komitmen PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) terhadap dunia perbankan, maka PSN hadir dengan inovasi Mobile VSAT (MVSAT) yang merupakan sistem antenna VSAT bergerak dengan teknologi Auto Pointing pertama buatan bangsa Indonesia. MVSAT adalah solusi komunikasi VSAT yang dapat dikerahkan dan dimobilisasi di setiap tempat di Indonesia dalam waktu singkat.

PSN pertama kali memperkenalkan versi pertama dari MVSAT pada pameran perbankan APCONEX 2010 di Jakarta. Berbeda dengan pesaing yg ada, PSN telah melengkapi MVSAT dengan kemampuan Single Push-Button Automatic Satellite Acquisition, yang memungkinkan pengguna cukup hanya menekan satu tombol untuk mengoperasikan perangkat ini. MVSAT akan secara otomatis mencari arah satelit yang sesuai berdasarkan lokasinya saat itu dan koneksi on-line dapat segera tewujud. Fitur ini akan sangat memudahkan bagi pengguna yang tidak memiliki dasar pengetahuan teknis satelit sama sekali.

Saat ini, PSN MVSAT telah digunakan pada beberapa institusi perbankan dan pemerintahan, seperti BNPB, Dispenda, Diskominfo, BNI, dan bank-bank daerah. Di Indonesia, penggunaan infrastruktur jaringan telekomunikasi satelit MVSAT merupakan pilihan tepat, mengingat Indonesia terdiri dari banyak pulau yang tersebar sehingga membutuhkan solusi komunikasi berbasis satelit yang inovatif.

Inovasi MVSAT tercipta karena PSN memiliki kemampuan yang komprehensif mulai dari hulu hingga hilir di dunia telekomunikasi satelit. PSN merupakan perusahaan satelit swasta pertama dan salah satu dari tiga operator satelit di Indonesia. Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi perusahaan dan karyawan karena berhasil konsisten menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi.