Cellular Backhaul

Solusi perluasan coverage wilayah selular di mana saja

Cellular Backhaul

VSAT untuk komunikasi backbone layanan seluler di mana saja di seluruh Indonesia

PSN menyediakan backbone/backhaul untuk jaringan seluler dengan interkoneksi stasiun terestrial melalui relay satelit, di mana data yang dikirim dari BTS (Based Transceiver Satellite) ke BSC (Based Station Controller) dan BSC ke MSC (Mobile Switching Center) melalui jaringan lain atau link jaringan internal. Sistem ini diterapkan untuk menjangkau daerah-daerah di pelosok Indonesia yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi terrestrial.

PSN sendiri telah menjadi penyedia utama layanan berbasis satelit untuk Cellular Backhaul sejak tahun 2001 kepada operator GSM terbesar di Indonesia yang menghubungkan jaringan seluler di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke daerah terpencil.

Backup-Link dan Bandwidth Upgrade On-Demand

Jaringan Cellular Backhaul melalui satelit ini juga dapat digunakan sebagai jaringan backup untuk mengantisipasi gangguan pada sistem kabel laut atau upgrade dan migrasi kapasitas jaringan yang ada dengan lebih cepat.

Cellular Expansion

Dengan wilayah geografi Indonesia yang terdiri dari pegunungan dan lautan, kebutuhan untuk menggabungkan sistem jaringan satelit dan terestrial untuk dapat menyediakan cakupan jaringan seluler yang memadai terus meningkat. PSN bekerjasama dengan beberapa operator selular di Indonesia telah bekerjasama dalam perluasan jaringan selular menggunakan teknologi satelit hingga ke pelosok Indonesia.