PT. Pasifik Satelit Nusantara Unjuk Kemampuan Strategi Pertahanan di ajang Indo Defence 2012

Forum terbesar di Asia Tenggara dalam bidang Industri Pertahanan, Kedirgantaraan dan Kelautan – INDO DEFENCE, INDO AEROSPACE, INDO MARINE 2012 EXPO DAN FORUM digelar dari tanggal 7-10 November 2012. Tak mau ketinggalan, perusahaan berbasis satelit, PT. Pasifik Satelit Nusantara pun turut serta dalam perhelatan akbar ini.

Bergabung dengan lebih dari 550 perusahaan dari 50 negara dan 25 Paviliun negara seperti Singapura, Rusia, Inggris, Republik Ceko, Malaysia, Jerman, Turki, Amerika, Belanda, Polandia, Ukraina, Perancis, Canada, Korea Selatan, Australia, Itali, Cina, Brazil dan lainnya, PT. Pasifik Satelit Nusantara mewakili Indonesia hadir dengan terobosan terbaru berbasis teknologi satelit.

Sebagai upaya untuk menciptakan strategi maritim nasional, PSN membawa serta teknologi terbarunya yaitu Territorial Monitoring System sebagai sistem informasi terpadu yang berfungsi sebagai homeland security guna melakukan pemantauan wilayah kedaulatan Indonesia baik darat, laut maupun udara secara berkelanjutan. Sistem yang dibangun merupakan sistem informasi yang mudah dioperasikan, modular, akurat, aman, terintegrasi dan untuk mendukung proses pengambilan keputusan dengan mengimplementasikan C4ISR ( Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance). Sistem ini dapat digunakan sebagai garda terdepan dalam rangka melindungi kedaulatan Ibu Pertiwi.

Teknologi lain lagi yang juga diperuntukkan bagi dunia pertahanan di Indonesia adalah PSN MVSAT. Sebuah solusi untuk komunikasi VSAT yang dapat dikerahkan dan dimobilisasi untuk setiap tempat di Indonesia dalam waktu singkat. Teknologi ini dapat berfungsi sebagai pusat komando dan media center. PSN MVSAT merupakan sarana K3I yaitu komando, kendali, koordinasi dan informasi dengan seluruh pihak secara efektif.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu aktor penting dalam keamanan maritim di kawasan, maka PSN pun menciptakan solusi dari peristiwa yang mengancam keamanan maritim dengan mengembangkan telepon satelit multifungsi bernama FR190VS. Keunggulan telepon satelit ini adalah daya jangkauannnya lebih luas ketimbang jaringan selular biasa karena tidak menggunakan jaringan terestrial yang ditempatkan di darat. Telepon satelit tipe baru ini menempatkan BTS-nya di luar angkasa dan dapat digunakan di daerah pegunungan, pedalaman hingga tengah laut.

Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan maritim di perairan yuridiksi Indonesia,  FR190VS berfungsi untuk koneksi voice (suara) yang dapat menjangkau berbagai wilayah yang berada diluar cakupan jaringan selular dan alat ini dapat dikembangkan pula sebagai tracking device dimana pengguna dapat mengetahui lokasi, arah, dan kecepatan.

Pengunjung pameran Indo Defence, Indo Aerospace dan Indo Marine selain bisa menyaksikan berbagai karya teknologi pertahanan dari luar negeri, juga bisa menyaksikan karya kreativitas dari putra-putri bangsa.

Kunjungi booth kami di Indonesian Pavilion D 207 dan temukan solusi telekomunikasi yang tepat bagi instansi Anda.